TUGAS SOFTSKILL EKONOMI KOPERASI PERIODE JANUARI 2015

08.35 Edit This 0 Comments »

TUGAS SOFTSKILL EKONOMI KOPERASI



DISUSUN OLEH :
NAMA : ANIF SUSANTI
KELAS : 2EA21
NPM : 11213045

UNIVERSITAS GUNADARMA 
2015

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga penyusunan makalah untuk tugas mata kuliah Softskill Ekonomi Koperasi periode Januari 2015 ini telah dapat kami selesaikan. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Softskill Ekonomi Koperasi sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa/mahasiswi Universitas Gunadarma Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen dalam upaya mengembangkan wawasan tentang perkoperasian. 
Dalam penyusunan makalah ini kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Nurhadi SE.Ak MM selaku dosen mata kuliah Softskill Ekonomi Koperasi yang telah memberi saran dan masukan sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Dan kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ragil Wagirin, M.Si. Sekretaris Koperasi Simpan Pinjam Usaha Mandiri yang telah memberikan informasi Laporan Tahunan Koperasi. 
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan. Akhir kata, penulis mengucapkan terimakasih. Semoga penulisan ilmiah ini dapat bermanfaat bagi semua orang yang membaca.
                                                                                          
                                                                                              Bekasi, 28 Januari 2015


                                                                                                         Anif Susanti

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................................
DAFTAR ISI...............................................................................................................ii
A. ASPEK KELEMBAGAAN.....................................................................................1
A.1 Nama Koperasi................................................................................................1
A.2 Badan Hukum.................................................................................................. 2
A.3 Sekretariat Koperasi.........................................................................................2
A.4 Landasan Hukum..............................................................................................3
      A.5 Kepengurusan.................................................................................................. 3
      A.6 Jumlah Anggota.................................................................................................4
      A.7 Daftar Anggota..................................................................................................4
B. ASPEK USAHA...................................................................................................... 6
      B.1 Di Bidang Usaha Jenis Simpan Pinjam................................................................6
      B.2 Pengadaan Barang-Barang Pengadaan Pokok....................................................7
C. ASPEK KEUANGAN.............................................................................................9
      C.1 Simpanan Pokok, Simpanan Wajib, dan Simpanan Sukarela..............................9
      C.2 Laporan Keuangan Koperasi............................................................................10
      C.3 Hitungan Laba Neraca......................................................................................18  
KESIMPULAN DAN SARAN..................................................................................25
ii

A.5 KEPENGURUSAN (SUSUNAN ORGANISASI)
Susunan Pengurus Koperasi Simpan Pinjam Usaha Mandiri sesuai dengan Keputusan Ketua Koperasi Simpan Pinjam Usaha Mandiri Nomor 032.K/KT/KBPM/IV/2011 bulan April 2011 sebagai berikut :
Dewan Penasehat : 1. Sekretaris Direktorat Jenderal Minerba 
 2. Sekretaris Badan Diklat- ESDM 
Ketua : Zainal Arifin, SH, MM. 
Wakil Ketua  : M. Hasan Akhmad, S.Sos. 
Sekretaris  : Ragil Wagirin, M.Si. 
Bendahara  : Purwati 
Ketua Badan Pengawas  : F.X. Djumingan, M.M. 
Sekretaris  : Drs. BambangSudarto, M.M. 
Anggota  : Saryanto, SE 
Unit-unit Usaha 
a. Jasa Pertambangan  : Ir. Dede I. Suhendra, M.Sc. 
b. Jasa Rekanan  : Wahyu Hidayat, ST 
c. Jasa Pertokoan  : Sri Sukatmi 
d. Simpan Pinjam  : 1. Suyatno 
 2. Eva Suryani 
Karyawan 
1. Urusan Sekretariat  : Suyatno 
2. Urusan Pembukuan  : Nia Ristiana 
3. Urusan Toko 
  a. Adm. Toko  : Eva Suryani 
  b. Pelayanan Toko  : 1. Chomsaniwati 
          2. Hendriyanto 


C. ASPEK KEUANGAN
C.1 SIMPANAN POKOK, SIMPANAN WAJIB, DAN SIMPANAN SUKARELA
PERMODALAN 
Modal Koperasi berasal dari: 
1. Simpanan Pokok 
2. Simpanan Wajib 
3. Simpanan Khusus 
4. Simpanan Sukarela 
5. Cadangan Modal dari SHU 
6. Dana-dana dari SHU 
Di bawah ini adalah sumber modal Koperasi yang dikelola oleh pengurus selama ini. Simpanan anggota selalu mengalami peningkatan karena mendapatkan tambahan dari simpanan wajib yang dibayar setiap bulan. Berikut ini rincian perkembangan simpanan dan cadangan koperasi: 
No 
Uraian 
2011 
2012 
2013 
Simpanan Pokok 
30.350.000 
30.050.000 
29.450.000 
Simpanan Wajib 
2.023.246.379
2.581.055.379
3.054.699.079
Simpanan Khusus 
189.050.335 
207.744.335 
222.136.335 
Simpanan Sukarela 
82.552.888 
95.214.806
119.487.989 
Cadangan Modal 
912.267.299,65 
1.014.487.446,44 
1.284.461.965,76 
Dana-dana 
433.839.038,34 
472.725.177,18 
508.064.987,13 
Jumlah     
3.671.305.939,99 
4.401.277.143,62 
5.218.300.355,89 
C.2 LAPORAN KEUANGAN KOPERASI
LAPORAN LABA RUGI 
Penjualan tahun 2013 Rp.   955.469.150
Harga Pokok Penjualan (HPP) Rp.   783.465.585 
Laba Kotor Rp.   172.003.565
Pendapatan Konsinyasi Rp.      219.100 
Laba Toko Rp.  172.222.665
BIAYA-BIAYA
Biaya administrasi umum Rp.   28.107.950
Biaya administrasi keuangan Rp.    4.480.000
Biaya administrasi Bank Mandiri Rp.    2.681.180,19 
Biaya administrasi Bank BNI Rp.    4.961.027
Biaya administrasi Bank BRI Rp.      608.899 
Biaya RAT tahun buku 2012 Rp.   40.750.000 
Biaya Honor Pengurus, BP & Karyawan Rp.  224.200.000 
Biaya Perlengkapan Toko Rp.     303.500
Biaya Rapat Pengurus & BP Rp.   11.649.000 
Biaya Penyusutan Rp.      94.196
Biaya Penyusutan Komputer Rp.     430.000
Biaya Penyusutan Brankas Rp.     412.500 
Biaya Penyusutan Kulkas Rp.     368.000 
Biaya Penyusutan Laptop Rp.    3.960.000 
Biaya SLP Migas Rp.   10.000.000
Jumlah Biaya-biaya Rp.  333.006.252,19 
Laba (Rugi) Operasi    (Rp.  160.783.587,19) 
PENDAPATAN-PENDAPATAN 
Pendapatan Jasa Pinjaman Rp.  817.244.900
Pendapatan Jasa Giro Mandiri  Rp.    9.900.900,97 
Pendapatan Jasa Giro BNI Rp.   21.675.113
Pendapatan Jasa Giro BRI  Rp.     559.500
Pendapatan Jasa Rekanan Rp.  244.240.118,11 
Pendapatan Penjualan Buku  Rp.   27.275.000 
Pendapatan Sewa Ruko Pinang Ranti  Rp.  271.700.000 
Pendapatan Jasa Motor  Rp.    8.700.400
Pendapatan Jasa Pertambangan  Rp.  157.531.500 
Pendapatan Treder  Rp.    5.543.400
Pendapatan Iklan & Ucapan Selamat  Rp.    3.057.600
Jumlah Pendapatan  Rp. 1.567.428.432,08 
Sisa Hasil Usaha Tahun 2013  Rp. 1.406.644.844,89 
PENJELASAN ATAS POS - POS LAPORAN LABA RUGI 
1. PENJUALAN 
Jumlah hasil penjualan periode 1 Januari s/d 31 Desember 2013 : Rp.955.469.150,- 
2. HARGA POKOK PENJUALAN 
Jumlah harga pokok dari barang-barang yang dijual dalam periode Januari s/d 31 Desember 2013. 
Perhitungan HPP sebagai berikut :
Persediaan awal Rp. 46.537.600,- 
Pembelian Rp. 765.321.849,- 
Pembelian Konsinyasi Rp.  20.064.900,- +
Rp. 785.386.749,- 
Biaya pembelian Rp.    969,000,- 
Pembelian Bersih Rp. 786.355.749,- +
Barang siap jual  Rp. 832.893.349,- 
Persediaan akhir  Rp.  49.427.764,- +
HPP  Rp. 783.465.585,- 
3. PENDAPATAN KONSINYASI 
Pendapatan yang diterima dari konsinyasi barang : Rp 219.100,- 
4. BIAYA ADMINISTRASI UMUM 
- Foto Copy Rp.  1.415.150,- 
- Honor Cleaning Service Rp.  2.000.000,- 
- Pengiriman Surat-surat / Kilat khusus, fax  Rp.    675.000,- 
- Pembelian ATK  Rp.  8.637.500,- 
- Pembelian Materai  Rp.    600.000,- 
- Servis Komputer, AC. Telp, Kulkas, Mesin Tik Rp.  1.670.000,- 
- Biaya KIR dan Pajak Mobil Rp.   5.135.500,- 
- Biaya Domisili  Rp.     500.000,- 
- Transport  Rp.   7.474.800,- +
Jumlah  Rp.  28.107.950,- 
5. BIAYA ADMINISTRASI KEUANGAN 
Dengan Perincian sebagai berikut : - Honor pemotongan gaji Rp. 3.180.000,- - Kesalahan Potong Rp. 1.300.000,- Jumlah Rp. 4.480.000,- 
6. BIAYA ADMINISTRASI BANK MANDIRI 
Digunakan untuk biaya Giro : pajak & meterai Rp 2.681.180,19,-
7. BIAYA ADMINISTRASI BANK BNI 
Digunakan untuk biaya Giro : pajak dan meterai Rp 4.961.027,- 
8. BIAYA ADMINISTRASI BANK BRI 
Digunakan untuk biaya Giro : pajak dan meterai Rp 608.899,- 
9. BIAYA RAT 
Biaya RAT tahun buku 2012 dengan perincian sebagai : 
- Konsumsi  Rp.   7.300.000,- 
- Transport Pengurus dan Karyawan  Rp.   4.200.000,- 
- Transport Anggota  Rp.   5.500.000,- 
- Transport mengantar undangan  Rp.     300.000,- 
- Kasubdin Koperasi & UKM Jaksel dan PKPRI  Rp.   3.000.000,- 
- Cleaning service, Teknisi & MC  Rp.   1.100.000,- 
- Dokumentasi  Rp.     500.000,- 
- Foto Copy Laporan Pengurus & Pengawas  Rp.   1.250.000,- 
- Lembur  Rp.   2.600.000,- 
- Door Prize  Rp.  14.500.000,- 
- Spanduk  Rp.     500.000,- +
Jumlah  Rp.  40.750.000,- 
10. BIAYA HONOR PENGURUS, PEMBANTU PENGURUS, KARYAWAN DAN BADAN PENGAWAS 
Biaya honor selama 1 tahun dengan perincian sebagai berikut : 
- Pengurus  Rp. 80.400.000,- 
- Pembantu Pengurus  Rp. 27.600.000,- 
- Karyawan  Rp. 85.200.000,- 
- Badan Pengawas  Rp. 31.200.000.- +
Jumlah  Rp. 224.400.000,-
11. BIAYA PERLENGKAPAN TOKO 
Biaya yang digunakan untuk pembelian kantong plastik dan tali selama tahun 2013 : 
Rp 303.500,- 
12. BIAYA RAPAT PENGURUS DAN BADAN PENGAWAS 
Biaya yang digunakan untuk pembelian snack, minuman, makan siang dan honor rapat Pengurus, Badan Pengawas dan Pihak Luar tahun 2013 : Rp.11.649.000,- 
13. BIAYA PENYUSUTAN PERALATAN KANTOR ATAU GEDUNG 
Penyusutan untuk peralatan kantor atau gedung : Rp 94.196,- 
14. BIAYA PENYUSUTAN KOMPUTER 
Penyusutan untuk komputer : Rp 430.000,- 
15. BIAYA PENYUSUTAN BRANKAS
Penyusutan untuk komputer : Rp 412.500,- 
16. BIAYA PENYUSUTAN KULKAS 
Penyusutan untuk komputer : Rp 368.000,- 
17. BIAYA PENYUSUTAN LAPTOP 
Penyusutan untuk Laptop : Rp. 3.960.000,- 
18. BIAYA SLP MIGAS Biaya yang dikeluarkan untuk mengurus sertifikat SLP Migas: Rp.10.000.000,- 
19. PENDAPATAN JASA PINJAMAN 
Pendapatan jasa pinjaman : Rp 817.244.900,- 
20. PENDAPATAN JASA GIRO BANK MANDIRI 
Pendapatan jasa giro yang diterima dari Bank Mandiri Wisma Baja : Rp.9.900.900,97 
21. PENDAPATAN JASA GIRO BANK BNI 
Pendapatan jasa giro yang diterima dari Bank BNI: Rp 21,675.113,- 
22. PENDAPATAN JASA GIRO BANK BRI 
Pendapatan jasa giro yang diterima dari Bank BRI: Rp 559.500,- 
23. PENDAPATAN JASA REKANAN 
Pendapatan jasa rekanan : Rp 244.240.118,11,- 
24. PENDAPATAN PENJUALAN BUKU 
Pendapatan yang diterima dari hasil penjualan Buku Kepmen Nomor : 555K/26/M.PE/1995, Buku Himpunan Peraturan Minerba, Undang-Undang No. 4, Good Mining Practice, Hidup dengan Batubara, dll tahun 2013 : Rp 27.275.000,- 
25. PENDAPATAN SEWA RUKO PINANG RANTI 
Pendapatan yang diterima dari menyewakan ruko di pinangranti tahun 2013 : Rp. 271.700.000,- 
26. PENDAPATAN JASA MOTOR 
Pendapatan jasa motor : Rp. 8.700.400,- 
27. PENDAPATAN JASA PERTAMBANGAN 
Pendapatan yang diterima dari jasa pertambangan (Pekerjaan Pengukuran dan Pematokan Batas Wilayah) tahun 2013 : Rp. 157.531.500,- 
28. PENDAPATAN TREDER 
Pendapatan yang diterima dari usaha jasa trader : Rp. 5.543.400,- 
29. PENDAPATAN IKLAN & UCAPAN SELAMAT 
Pendapatan yang diterima dari iklan sponsor ucapan selamat hari pertambangan : Rp. 3.057.600,- 
PERHITUNGAN SHU ANGGOTA 
A. Simp Pokok + Simp Wajib + Simp Sukarela + Simp Khusus = J Simpanan = SHU Simpanan 
B. Jumlah Pinjaman = SHU Pinjaman 
C. Jumlah Belanja = SHU Belanja 
D. Total SHU 
Contoh Pembagian SHU 20 Anggota : 
1. Agung prasetyo,ST 
Jumlah Simpanan Rp 8.150.103 x 0.0758%  Rp 617.778 
Jumlah Pinjaman  Rp      
Jumlah Belanja  Rp 836.500 x 0.09245%  Rp  77.334 + 
Total SHU yang diterima  = Rp 695.112 
2. Ajeng Irvy Lestari,S.S 
Jumlah Simpanan  Rp 6.170.00 x 0.0758 %  = Rp 467.686 
Jumlah Pinjaman  Rp      
Jumlah Belanja  Rp      0 + 
Total SHU Yang diterima  = Rp 467.686 
3. Anna Rufaida Dra.MM 
Jumlah Simpanan  Rp 8.012.256 x 0.0758%  = Rp  607.329 
Jumlah Pinjaman  Rp 7.000.000 x 0.118 %  = Rp  826.000 
Jumlah Belanja  Rp       0 + 
Total SHU Yang diterima  = Rp 1.433.329 
4. Ateng Supriyadi Rachmat, SH 
Jumlah Simpanan  Rp 7.690.000 x 0.0758%  = Rp  582.902
Jumlah Pinjaman  Rp       
Jumlah Belanja  Rp 1.250.000 x 0.09245%  Rp  115.563 + 
Jumlah SHU Yang diterima  = Rp  698.465 
5. Bambang Sukmadjati, B.Ac 
Jumlah Simpanan  Rp 7.220.000 x 0.0758%  = Rp  547.276 
Jumlah Pinjaman  Rp        
Jumlah Belanja  Rp 1.250.000 x 0.09245%  Rp  115.563 + 
Jumlah SHU Yang diterima  = Rp  662.839 
6. Budhi Herdiyanto, SE 
Jumlah Simpanan  Rp 6.110.000 x 0.0758%  = Rp   463.138 
Jumlah Pinjaman  Rp         
Jumlah Belanja  Rp         0 + 
Jumlah SHU Yang diterima  = Rp   463.138  
7. Ir. Dedy Nurfaqih 
Jumlah Simpanan  Rp 7.050.000 x 0.0758%  = Rp   534.390 
Jumlah Pinjaman  Rp         
Jumlah Belanja  Rp 889.500 x 0.09254 %  = Rp    82.234 + 
Jumlah SHU Yang diterima  = Rp   616.624 
8. Ir. Eddy Rivai 
Jumlah Simpanan  Rp 8.517.618 x 0.0758%  = Rp   645.635 
Jumlah Pinjaman  Rp        
Jumlah Belanja  Rp        0 + 
Jumlah SHU Yang diterima  = Rp   645.635 
9. Husin Setia Nugraha 
Jumlah Simpanan  Rp 6.010.000 x 0.0758%  = Rp   455.558 
Jumlah Pinjaman  Rp         
Jumlah Belanja  Rp         0 + 
Jumlah SHU Yang diterima  = Rp   455.558 
10. Ir. Saipul Ruchijat 
Jumlah Simpanan  Rp 5.810.000 x 0.0758%  = Rp   440.398 
Jumlah Pinjaman  Rp         
Jumlah Belanja  Rp         0 + 
Jumlah SHU Yang diterima  = Rp   440.398

11. Drs. Setyoko 
Jumlah Simpanan  Rp 7.211.401 x 0.0758%  = Rp   546.624 
Jumlah Pinjaman  Rp        
Jumlah Belanja  Rp 881.000 x 0.09245 %  Rp    81.448 + 
Jumlah SHU Yang diterima  = Rp   628.073 
12. Drs. Sueb 
Jumlah Simpanan  Rp 8.672.866 x 0.0758%  = Rp   657.403 
Jumlah Pinjaman  Rp         
Jumlah Belanja  Rp 8.153.500 x 0.09245 %  Rp   753.791 + 
Jumlah SHU Yang diterima  = Rp  1.411.194 
13. Ir. Yunus Saipulhaq 
Jumlah Simpanan  Rp 7.518.902 x 0.0758%  = Rp    569.933 
Jumlah Pinjaman  Rp          
Jumlah Belanja  Rp          0 + 
Total SHU Yang diterima  = Rp    569.933 
C.3 HITUNGAN LABA NERACA
HARTA LANCAR 
HUTANG DAN KEKAYAAN 
Kas 
Bank Mandiri 
Bank BNI 
Bank BRI
Deposito 
Piutang 
Piutang Khusus Piutang Barang Piutang Jasa Pertambangan Piutang Motor Persediaan Barang Persediaan Buku 
Rp.   37.597.706 
Rp.  228.315.886,78 Rp.  984.437.314 Rp.   68.884.852 
Rp.           0
Rp.  693.053.200 Rp. 6.586.500.000 Rp.  121.112.873 Rp.   40.000.000
Rp.           0 
Rp.   49.427.764
Rp.    5.550.000 
Hutang Barang 
Hutang Uang 
SMPM Jasa Rekanan 
Dana Jasa Pertambahan 
Dana Penerbitan Agenda 
Dana Pendidikan & Sosial 
Dana Take Over KP 
Akumulasi Penyusutan Akumulasi Penyusutan Komputer 
Akumulasi Penyusutan Brankas
Akumulasi Penyusutan Kulkas 
Akumulasi Penyusutan Laptop  
Rp.    1.322.195
Rp.    1.048.795
Rp.   24.448.309
Rp.           
Rp.   14.000.000 
Rp.  508.064.987,13 
Rp. 4.487.850.000
Rp.    2.072.292 
Rp.    3.010.000 
Rp.    1.650.000 
Rp.    1.104.000 
Rp.    3.960.000 
              Rp. 8.814.879.595,78 
                     Rp. 5.048.530.578,13 
HARGA PENYERTAAN 
KEKAYAAN BERSIH 
Simpanan IKPN Simpanan PKPRI 
Rp.   334.500 
Rp.  5.257.500 
Simpanan Sukarela Simpanan Pokok 
Rp.  119.487.989
Rp.   29.450.000 
                Rp.  5.592.000 
Simpanan Wajib 
Rp. 3.054.699.079 
                                  Simpanan Khusus 
Rp.  222.136.335
HARTA TETAP 
Inventaris Gedung Toko 
Rp.  2.141.960
Rp.  1.441.625 
Cadangan 
Modal Usaha Pertambangan 
Rp. 1.284.461.965,75 
Rp.   63.824.889
                Rp.  3.583.585
SHU 
Rp. 1.406.644.844,89 
                                                       Rp. 6.180.705.102,65 
INVENTARIS 
Komputer 
Brankas 
Kulkas 
Laptop 
Mobil 
Rp.  4.300.000 
Rp.  4.125.000 
Rp.  1.840.000
Rp. 19.800.000 
Rp. 98.000.000
                Rp. 128.065.000
Tanah          Rp. 2.277.115.500
Jumlah Aktiva 
Rp. 11.229.235.680,78 
Jumlah Pasiva 
Rp. 11.229.235.680,78 
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
1). Langkah kerjasama dalam bentuk kemitraan usaha merupakan suatu strategi untuk dapat mengembangkan usaha koperasi dan secara moril kerjasama ini sangat diperlukan adanya dukungan yang maksimal dari pihak pengusaha besar melalui paket pembinaan.
2). Alternatif pemberdayaan koperasi di daerah adalah melalui konsep mekanisme kerjasama atau keterkaitan dengan perusahaan besar dalam bentuk kemitraan usaha. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mempersempit kesenjangan yang terjadi antara usaha kecil menengah yang sebagian besar memayungi masyarakat miskin dengan BUMN dan BUMS.
3). Dalam pembangunan koperasi untuk percepatan ekonomi daerah, sangat perlu adanya kemitraan. Kemitraan yang dimaksud adalah dalam bentuk partisipasi dari semua unsure yang terkait untuk pengembangan koperasi. Pembangunan koperasi didasari oleh adanya potensi di daerah yang dapat mendukung berjalannya koperasi, antara lain: masyarakat, pengusaha (kecil dan menengah), industri rumah tangga, dan untuk daerah pedesaan adanya masyarakat petani.
Saran
1). Dalam suasana persaingan yang semakin kompetitif, keberadaan usaha koperasi dituntut untuk dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya, karena lembaga ini dianggap cukup repsentatif dalam memberdayakan ekonomi masyarakat. Langkah kerjasama dalam bentuk kemitraan usaha merupakan suatu strategi untuk dapat mengembangkan usaha koperasi dan secara moril kerjasama ini sangat diperlukan adanya dukungan yang maksimal dari pihak pengusaha besar melalui paket pembinaan.
2). Dalam pembangunan koperasi untuk percepatan ekonomi daerah, sangat perlu adanya kemitraan. Kemitraan yang dimaksud adalah dalam bentuk partisipasi dari semua unsure yang terkait untuk pengembangan koperasi. Alternatif pemberdayaan koperasi di daerah adalah melalui konsep mekanisme kerjasama atau keterkaitan dengan perusahaan besar dalam bentuk kemitraan usaha.
3). Untuk mendorong tingkat partisipasi anggota yang tinggi dalam suatu koperasi, perlu dilakukan:
A. Mengadopsi suatu kegiatan fungsi tunggal koperasi
B. Keanggotaan yang homogen 
C. Membatasi jumlah keanggotaan. Koperasi harus memberikan motivasi kepada anggotanya agar            partisipasi itu efektif. Hal itu diperlukan agar pertumbuhan koperasi selalu meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatan partisipasi anggota menimbulkan rasa ikut memiliki.
4). Manajemen koperasi harus menjalankan fungsi-fungsi manajemen agar perusahaan koperasi dapat    berjalan secara efisien dan efektif dalam memenuhi tujuan promosi anggota.





0 komentar: